Opwall 3rd week : Man 💖 Nature at Jungle Training

Standard

Setibanya di Labundo tugas baru menanti dan tadaa jungle training camp tujuan selanjutnya.

Siap nge jungle training gaiss!

Siap nge jungle training gaiss!

Jadi jungle training itu sejenis kegiatan pengenalan teknik survival di hutan, nah kegiatan yang kemarin tuh antara lain buat shelter, mencari makanan dan minuman di hutan yang layak makan, juga mengolah makanan di hutan dengan menggunakan apa yang ada di hutan sebagai alat masak. Jungle training berlangsung hanya 3 hari 2 malam, namun camp tempat nginap berbeda setiap harinya.

Track lumayan yaah.. hacih-hacih *ala bule*

Track lumayan yaah.. hacih-hacih *ala bule*

Lokasi camp tahun ini pun berbeda dengan tahun lalu, namun tetap dengan keseruan yang sama. Dihari pertama jungle training kami menempuh dua jam dari starting point menuju camp dengan jalan yang cukup nanjak, yaa lumayan lah yah dalam keadaan puasa tapi tetap enjoy aja deh 😂 Dua jam tracking tiba juga di camp pertama, yang tampak cuma tenda untuk dapur dan gak ada shelter buat bobo soalnyaa disini peserta jungle training bakal diajarin bangun shelter untuk tempat mereka tidur ntar malem. Saya sih jadi dewan juri aja merangkap tim lalala yeyeye yang nyemangatin mba2 dan mas2 bule yang mikul kayu..hihihi~

Kapan lagi nonton bule cantik mikul kayu 😂

Kapan lagi nonton bule cantik ngangkat kayu 😂

Smangatt bngun shelternya ya gaiss!

Smangatt bngun shelternya ya gaiss!

Tadaaa...akhirnya jadi juga

Tadaaa…akhirnya jadi juga

Selesai bangun shelter mba dan mas bule lantas gak leyeh leyeh santai, mereka harus masak buat makan siangnya walaupun dapat “subsidi” sup dari dapur..hahah.. Tujuannya sih selain diajarin mandiri juga buat kekompakan per tim..yaahh lumayanlaah.

Nahh, di hari kedua kita siap2 nih pindah ke camp kedua. Di tengah perjalanan peserta jungle training diajarin mengenal makanan yang bisa dimakan di hutan, jenis2 tumbuhan yang aman dimakan dan mereka nyobain langsung daun2 dan rotan yang bisa dimakan. Selain makanan, nih cara dapat minum di hutan yang diajarin. Yaitu dari kayu liana dan batang kayu rotan yang mampu menyimpan air yang aman untuk diminum. Kayaknya ada yang doyan..hahah..

Glek..glek

Glek..glek

Dan satu lagi… cara masak tanpa alat masak. Jadii, ceritanya kalo lagi di hutan..nyasar..laper.. dan ketemu telur ayam hutan ini cara mengolahnya. Gak perlu pake wajan atau panci, daun cukup kok.. jadi daunnya itu dilipat supaya membentuk wadah buat nampung telurnya. Dan diletakkan di bara api. Agak deg degan sih awalnya, takut daunnya ikut terbakar. Dan ternyata hasil akhirnya boleh laahh,walaupun beberapa bagian daun kosong tapi telurnya gak gosong kok. Daaan nyaamm, kayaknya enak (kata si bule..saya sih puasa 😅)

This egg is on fireee 🎵🎵🎶

This egg is on fireee 🎵🎵🎶

Here it is!!

Here it is!!

Setelah smua praktikum makan2 dan minum2 selesai, waktunya bergerak menuju camp terakhir. Ternyata campnya gak jauh dari air terjun, yeyeyy.. walaupun harus sdikit jalan ke atas dengan track manjat2 diatas batu dan sempat ada yang jatuh dan cidera di siku..huah.. untung aja gak patah atau dislokasi, hampir saya ada kerjaan ekstra..syukur gak papa..

Camp dan hammock

Camp dan hammock

Bonus di dekat camp 😍😍

Bonus di dekat camp 😍😍

Esoknya pada perjalanan pulang kami melewati track “gundul” selama kurang lebih 40menit,panasnya poolll.. untung bawa ekstra proteksi,huehuehue (akibat udah gosong). Well, see you next week di siloi.. babaiii…

Advertisements

About celotehsihijau

Hi saya Andini Afliani Putri, Bisa dipanggil andini  tapi entah kenapa banyak yang manggil Digon.. Seorang pelayan kesehatan rakyat yang lagi bekerja di salah satu sudut Kalimantan, di Kutai Kartanegara. Pembelajar seumur hidup yang berjuang meraih JannahNya.. Pemimpi yang terbangun untuk mewujudkan sang mimpi.. Penulis yang lebih banyak tidurnya.. Petualang yang kadang masih terkekang.. Sangat cinta traveling, petualangan,  budaya, wisata kuliner, mountaineering, nyanyi (suara pas kurang dikit  :p), saat ini berupaya mengembangkan kecintaan dalam menulis khususnya travel writing, dan bekerja untuk kemanusiaan Bagi yang ingin bertukar info atau sharing apa aja  bisa  kok ketemuan di : FB : Andini Afliani Putri Twitter : @AndiniAfliani Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s