Day 3 (June 7th,2013) 24 Hours Journey to Next Province, Okay!

Standard

Pagi kedua di Labuan Bajo namun juga menjadi hari terakhir disini karena kami akan melanjutkan perjalanan ke Mataram,Nusa Tenggara Barat. Syukurlah kami menginap di penginapan yang menyajikan pemandangan laut Labuan Bajo yang indah. Hari ini perjalanan yang akan kami lalui cukup panjang karena akan menghabiskan waktu 24 jam hingga tiba di kota tujuan yaitu, Mataram yang juga merupakan ibukota Nusa Tenggara Barat yang terletak di Pulau Lombok. Perjalanan ke Pulau Lombok harus melalui Pulau Sumbawa terlebih dahulu, maka rute yang akan di tempuh yaitu Pelabuhan Labuan Bajo – Pelabuhan Sape – Terminal Bima – Pelabuhan Patotano – Pelabuhan Kayangan – Terminal Bertais/Mandalika. Kelihatan yah panjangnya, hehehe.

di atas ferry nyebrang ke sape

di atas ferry nyebrang ke sape

view di atas ferry

view di atas ferry

Untuk mencapai Mataram harus melalui laut dan darat, jadi dari Pelabuhan Labuan Bajo naik ferry dulu ke Pelabuhan Sape setiba di Pelabuhan Sape bisa nyari bus menuju kota Bima karena di Bima lah bisa ditemui Bus AKAP (Angkutan Khusus Antar Provinsi) menuju Mataram. Namun, ada cara yang lebih praktis yaitu di Pelabuhan Ferry Sape bisa ditemui agen resmi PO Dunia Mas, yang nampaknya seperti calo lho alias gak punya counter tapi datang menghampiri, apa yang menjadi tanda bahwa ia agen resmi karena mengenakan pakaian dinas PO Dunia Mas. Makanya saat itu pada awalnya saya agak ragu namun setelah saya tanyakan harganya ternyata memang sesuai dengan perhitungan harga ferry ke Sape dan bus sape-bima-mataram dengan harga keseluruhan Rp 246K.

ini nih bus yang ngantar kami dari labuan bajo-mataram

ini nih bus yang ngantar kami dari labuan bajo-mataram

Setelah pamit dengan rombongan Kak Habibie dan si bule cina, saya dan Indira pun meninggalkan kota Labuan Bajo yang indah tersebut. Perjalanan dimulai pukul 09.30 WITA dengan ferry menuju Pelabuhan Sape, sepanjang perjalanan tak akan terasa sebosan perjalanan Makassar-Labuan Bajo, karena sepanjang perjalanan akan tampak pulau-pulau kecil dengan tepi pasir putih dan beberapa di antaranya berbukit-bukit seperti bukit di film Teletubbies,cantik! Pukul 15.45 ferry yang kami tumpangi pun merapat di Pelabuhan Sape. Pelabuhan yang sederhana namun cukup padat aktivitasnya. Di sana bus kecil PO Dunia Mas telah menunggu untuk mengantarkan kami ke Terminal Bima karena di sana kami akan berganti Bus yang lebih besar dan lebih nyaman karena perjalanan selanjutnya akan lebih lama. Kesan pertama yang saya tangkap saat tiba di Sape adalah banyak sekali bawang merah yah! Lain kali kalo kesini saya akan borong bawang,ahahaha. Perjalanan Sape ke Terminal Dara, Bima memakan waktu 1,5 jam dengan medan yang Ohmaii..berbukit dan berliku, cukuplah memicu rasa mabok darat yahh..

pelabuhan sape, sebelum ferry merapat

pelabuhan sape, sebelum ferry merapat

ini nih ferry yang kami tumpangi

ini nih ferry yang kami tumpangi

Pukul 17.45 bus kecil yang mengangkut kami tiba di Terminal Dara, kami disambut hujan disini. Namun bus ke Mataram baru berangkat pukul 19.00, maka sisa waktu dimanfaatkan untuk makan dan shalat. Bakso di Terminal Dara  tergolong murah dan enak lho, sepuluh ribu saja dan perut yang seharian kosong akhirnya terisi lagi. Pukul 19.00 kami melanjutkan perjalanan ke Mataram dengan bus yang lebih besar dan nyaman karena dilengkapi fasilitas TV dan VCD yang hanya memutar lagu Betharia Sonata dan Pance F Pondang,hahaha~ (to me,it’s better listen to my MP3 player) dan ada WC lho..Tapi saya jamin kalian tidak akan bisa BAK dengan tenang di WC ini, saya saksi hidupnya! Namun di tengah perjalanan kami terkena macet di jalan poros Bima yang entah penyebabnya apa..Tak tanggung-tanggung macetnya sampai 2 jam, cukup mengkhawatirkan karena kami takut tak dapat kapal untuk menyeberaang ke Pulau Lombok,tapi syukurlah masih sempat. Di tengah perjalanan ke Mataram bus akan singgah satu kali di Sumbawa untuk makan malam (makan tengah malam tepatnya) karena saat itu sudah pukul 2 dini hari. Makan di Sumbawa merupakan salah satu fasilitas yang disajikan PO Dunia Mas, namun dengan menu yang telah ditentukan. Tetapi karena perjalanan Bima ke Sumbawa cukup berliku maka saya lebih memilih tidur saja.

ganti bus yang lebih besar di terminal bima

ganti bus yang lebih besar di terminal bima

Tips :

–          Untuk perjalanan Labuan Bajo-Sape sebaiknya memilih kursi di sebelah kiri, karena dominasi pemandangan pulau akan berada di sebelah kiri dan pada siang hari sinar matahari akan berada di sebelah kanan.

–          Saat perjalanan dengan menggunakan Bus, khususnya Bima-Mataram pakaialah jaket Anda. Karena AC bus nya kencang dan sangat dingin.

Cost :

–          Ruteng air mineral Rp 2K

–          Nu milk tea Rp 6K

–          Snack Rp 4K

–          Mie Instant+telur di Ferry Rp 7K

–          Kacang kulit dua kelinci di Ferry Rp 8K

–          Paket Ferry+Bus Labuan Bajo-Mataram PO Dunia Mas Rp 246K (Rp 46K ferry Labuan Bajo-Sape + Rp 200K Bus Dunia Mas Sape-Mataram)

–          Bakso di Terminal Dara,Bima Rp 10K

–          Aqua botol Rp 5K

–          Charger handphone Rp 5K

Total : Rp 293K

Advertisements

About celotehsihijau

Hi saya Andini Afliani Putri, Bisa dipanggil andini  tapi entah kenapa banyak yang manggil Digon.. Seorang pelayan kesehatan rakyat yang lagi bekerja di salah satu sudut Kalimantan, di Kutai Kartanegara. Pembelajar seumur hidup yang berjuang meraih JannahNya.. Pemimpi yang terbangun untuk mewujudkan sang mimpi.. Penulis yang lebih banyak tidurnya.. Petualang yang kadang masih terkekang.. Sangat cinta traveling, petualangan,  budaya, wisata kuliner, mountaineering, nyanyi (suara pas kurang dikit  :p), saat ini berupaya mengembangkan kecintaan dalam menulis khususnya travel writing, dan bekerja untuk kemanusiaan Bagi yang ingin bertukar info atau sharing apa aja  bisa  kok ketemuan di : FB : Andini Afliani Putri Twitter : @AndiniAfliani Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s