Meet The Switzerland Students !

Standard

Hari rabu 1 Februari 2012 merupakan salah satu hari dengan schedule yang “sok” padat bagiku. Ya, karena disela kesibukan koas saya mendapat undangan organisasi untuk bertemu dan bertukar pengalaman dengan mahasiswa berprestasi dari Switzerland,wow! Mereka datang dalam rangka studi tur gitu deh.. Mahasiswa Switzerland tersebut pada awalnya yang di agendakan akan hadir di Rumah Sakit Pendidikan Unhas berjumlah 5 orang plus 1 orang pendamping. Namun  yang hadir hanya 4 orang, gak tahu yang 1 kemana..gak ada penjelasan juga..Well daripada mikirin yang gak ada lebih baik saya kenalin nama mahasiswa bule tersebut :

  1. Nasma Dasser, 19 tahun, asal Swiss. Katanya ortunya orang Marokko (pantas aja mukanya arab gitu) Dia mahasiswa jurusan teknik geometrik. Swiss youth representative to the UN, bergabung juga di Swiss Federal Youth Council, dan dulunya Ketua Student Council Committee Nyon (kayak Badan Perwakilan Mahasiswa kali ya disini)
  2. Ralph Wikler, 19 tahun, asal Jerman. Mahasiswa jurusan bisnis sains dan inovasi di Amsterdam, pernah jadi peserta Harvard Spring School of Public Health (wheww), finalis Siemens Innovation Think Tank (dia juara kategori excellence award lhoo) Ketua simposium “e-DNA/use of medical data in the internet”. Dan dari semua mahasiswa nih orang yang paling unyu’,imut,cakepp  kayak artis woy (kampungan mode:on)
  3. Fabian Lengwiller, 21 tahun, asal Swiss. Mahasiswa kedokteran di Fribourg/Zurich. Pendiri palang merah remaja SG, dan pernah jadi relawan pada kegiatan palang merah di Bolivia.
  4. Yoran Beldengrün, 22 tahun, asal Perancis. Mahasiswa Pharmaceutical Sciences ETH Zurich, pernah dianugerahkan matura work on Alzheimer, dan juga ketua “Swiss Pharma Meeting”

ki-ka (onterio-fabian-me-harry)

Pertemuan kami diawali dengan pengenalan kota Makassar oleh NHCR yaitu dr.St.Wahyuni yang merupakan tuan rumah disini. Dilanjutkan penjelesan mengenai kasus penyakit infeksi di Kota Makassar seperti Tuberculosis, Demam Berdarah, Malaria. Dan pada akhirnya pengenalan mengenai organisasi di Fakultas Kedokteran Unhas. Salah satunya TBM Calcaneus FK Unhas (organisasiku nih..) dan ditutup dengan pengalaman sang mahasiswa Switzerland mengenai kegiatannya.

Dari ke empat mahasiswa Switzerland yang hadir. Ada satu mahasiswa yang ceritanya asik dan nyambung banget. Yaa,,secara latar belakangnya miriplah ma organisasi yang aku geluti. Dari nama-nama di atas udah keliatan sapa sih..Ya! benar si Fabian. Cerita dengannya asik, dia sempat bercerita tentang pengalamannya dalam kegiatan sosial seperti membantu korban gizi buruk di Bolivia (wow,luar negeri nih kerjaannya) dan tentang kegiatan akademiknya di Swiss. Selanjutnya giliran saya menceritakan tentang organisasiku, track record penurunan tim medis, kegiatan, keanggotaan, pengurus, fasilitas yang kami miliki (semangat banget yah 😀 jiwa hublu masih mendarah daging soalnya..haa.haa). Di akhir cerita diapun penasaran ingin melihat logistik yaitu salah satu fasilitas yang kami miliki untuk menunjang kegiatan organisasi. Tentunya saya pun tak sabar untuk menjelaskan lagi lebih detaik mengenai logistik tersebut.

Beberapa saat kemudian, pertemuan di Rumah Sakit Pendidikan Unhas berakhir. Dan rombongan mahasiswa tersebut akan mengunjungi RS.Wahidin Sudirohusodo sebelum mengunjungi kampusku. Tapi, saya memilih capcyus ke kampus ah.. Pengen pastikan kalo logistik yg tadi kuceritakan layak buat dipresentasikan.

Tak lama menunggu di logistik, akhirnya sang rombongan datang. Saya pun menyambut ala host menyambut miss universe. Dengan membuka tangan seraya berkata “Welcome to our simple logistic, if you don’t mind. You can take a look inside”. Ternyata responnya bagus, si bule dengan penasarannya langsung ke depan pintu logistik, sayang dia gak masuk. Katanya gak enak, dia pake sepatu, dan sepatunya ribet tuh buat di bongkar pasang. Baiklah, daripada membuang waktu saya pun segera menjelaskan isi logistik. Mulai dari lemari yang berisi berbagai jenis obat,peralatan medis,auto claf (mesin strelisasi), ruang tindakan khusus, dan lemari barang-barang penunjang. Gak nyangka responnya dia berkata “so impressive”. Mereka salut sama kita yang ukuran mahasiswa udah bisa memiliki fasilitas tersebut. Mereka juga Cuma bisa bilang bilang “wow” saat saya bercerita kalo kita punya berbagai perlengakapan seperti tenda, lampu badai, kompor, ht, pokoknya perlengakapan yang menunjang hidup kalo lagi di daerah bencana nih. Soalnya untuk kegiatan tersebut kita tidak bisa menyusahkan orang lain, jadi kita harus prepare juga. Sayangnya, ditengah asiknya ngobrol mereka dipanggil panitia untuk segera ke rektorat untuk bertemu rektor Unhas. Yaaahh padahal masih banyak yang pengen saya ceritakan.. Tapi karena sepertinya masih penasaran sebelum jalan ke rektorat salah seorang dari mereka berkata “we’ll back again here later” saking masih penasaran kali ya.. Tapi,dasar agenda padat..mereka ternyata langsung hang out ke tempat wisata. Ya sudahlah, yang penting hari ini sangat menyenangkan bisa berkenalan dengan mereka dan bertukaran ID facebook biar bisa tetap keep in touch seperti yang mereka bilang yah..hehehe.. Semoga kapan-kapan giliran saya yang jadi tamu di negara mereka..Amin..

Advertisements

About celotehsihijau

Hi saya Andini Afliani Putri, Bisa dipanggil andini  tapi entah kenapa banyak yang manggil Digon.. Seorang pelayan kesehatan rakyat yang lagi bekerja di salah satu sudut Kalimantan, di Kutai Kartanegara. Pembelajar seumur hidup yang berjuang meraih JannahNya.. Pemimpi yang terbangun untuk mewujudkan sang mimpi.. Penulis yang lebih banyak tidurnya.. Petualang yang kadang masih terkekang.. Sangat cinta traveling, petualangan,  budaya, wisata kuliner, mountaineering, nyanyi (suara pas kurang dikit  :p), saat ini berupaya mengembangkan kecintaan dalam menulis khususnya travel writing, dan bekerja untuk kemanusiaan Bagi yang ingin bertukar info atau sharing apa aja  bisa  kok ketemuan di : FB : Andini Afliani Putri Twitter : @AndiniAfliani Cheers!

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s