DIKLAT XI : Evakuasi Medis Perairan dan Evakuasi Medis Darat

Standard

DIKLAT XI atau Pendidikan Lanjutan XI adalah salah satu jenjang pendidikan di TBM Calcaneus. Nah, keluaran dari program ini disiapkan untuk menjadi Team Commander yaitu seperti koordinator lapangan pada kegiatan organisasi baik tim medis atau kegiatan organisasi lainnya. Selain itu juga disiapkan sebagai instruktur dan pemateri. Tapiii, saya kali ini bercerita bukan sebagai peserta yah..tapi sebagai pengamat aja..ehmm..senior nih.. :p
Kali ini saya akan bercerita tentang materi yang paling saya sukai yaitu evakuasi perairan dan darat. Kenapa suka? Yaa,karena pelatihannya outdoor cyinnn..sampe ke pulau lho..
Nah yang dilaksanakan di pulau itu Evakuasi Medis Perairan, tepatnya di Pulau Gusung. Dari makassar naik perahu 15 menitan nyampe kok. Kali ini pulaunya berbeda dengan pulau tempat Diklat sebelumnya.

foto sebelum nyebrang ke pulau gusung. (ki-ka : milda,bonti,andini,indi)

Walaupun cuacanya labil, kadang panas eh tiba-tiba badai trus panas lagi tetapi sykurlah gak menganggu jalannya pelatihan yang dibawakan oleh kakak dari Badan SAR Nasional (BASARNAS). Disana adik-adik diajarkan cara mengevakuasi pasien yang lagi di perairan sampe mengoperasikan perahu karet. Tampaknya mereka sangat excited sperti waktu saya diberi kesempatan mengemudi perahu karet dulu..

Hari kedua dilanjutkan dengan Evakuasi Medis Darat yang dilakukan di Markas BASARNAS Makassar. Tempatnya Oke..Mobil operasional bencananya banyak, Fasilitas di gedungnya juga banyak, dari  ruang pertemuan, ruang rapat, dapur, kamar tidur plus toilet, lobby, dan yang paling mencengangkan adalah ruang gym..hmm pantas body nya kakak BASARNAS pada uhuy tuh.. selama pelatihan adik-adik melakukan rappeling dan berbagai teknik evakuasi korban. Yah, semoga ilmu yang didapatkan selama 2 hari ini bisa mereka aplikasikan saat ditugaskan pada  penurunan tim medis. Amin..

Advertisements

About celotehsihijau

Hi saya Andini Afliani Putri, Bisa dipanggil andini  tapi entah kenapa banyak yang manggil Digon.. Seorang pelayan kesehatan rakyat yang lagi bekerja di salah satu sudut Kalimantan, di Kutai Kartanegara. Pembelajar seumur hidup yang berjuang meraih JannahNya.. Pemimpi yang terbangun untuk mewujudkan sang mimpi.. Penulis yang lebih banyak tidurnya.. Petualang yang kadang masih terkekang.. Sangat cinta traveling, petualangan,  budaya, wisata kuliner, mountaineering, nyanyi (suara pas kurang dikit  :p), saat ini berupaya mengembangkan kecintaan dalam menulis khususnya travel writing, dan bekerja untuk kemanusiaan Bagi yang ingin bertukar info atau sharing apa aja  bisa  kok ketemuan di : FB : Andini Afliani Putri Twitter : @AndiniAfliani Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s